Jakarta. Kamis, 4 Oktober 2018 bertempat di Sultan Hotel Jakarta, Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Kangean Energy Indonesia (KEI) kembali meraih apresiasi tinggi dari praktisi dan pengamat CSR di Indonesia. KEI sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang biaya operasi nya disetujui oleh SKK Migas melalui mekanisme pembahasan Work Program & Budget (WP&B) merupakan tanggungan dari negara melalui kegiatan hulu migas, berhasil meraih 3 penghargaan Top CSR Awards 2018 dalam kategori: Kelistrikan Desa di Kecamatan Raas (PLTD), Program Peningkatan Pendapatan Pembinaan Usaha Pengolahan Hasil Laut dan Top Leader on CSR Commitment untuk President KEI Hirotaka Tanaka.

Top CSR Awards diselenggarakan oleh Majalah Business News Indonesia. Total 132 Perusahaan terkemuka yang berasal dari berbagai macam sektor industri berpartisipasi dalam kegiatan ini. Top CSR merupakan penghargaan dengan penilaian tinggi untuk perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan dianggap memiliki program CSR terbaik. Penilaian program CSR didasarkan pada keterkaitan kegiatan perusahaan tersebut dengan 3 aspek: ISO 26000, strategi bisnis yang menggunakan pendekatan Creating Share Value (CSV), dan praktik Tata Kelola Perusahaan Good Corporate Governance (GCG).

President KEI, Hirotaka Tanaka mengekspresikan kebanggaan nya dalam pencapaian yang diterima oleh KEI. “Kami tentu bangga dengan prestasi perusahaan. Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dalam menjalankan Program PPM/CSR yang sejalan dengan semangat Nawacita Presiden RI dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Pemerintah Indonesia.” Katanya. Program PPM KEI dibuat tidak hanya untuk membantu masyarakat dalam jangka waktu pendek, namun menjadi rencana berkelanjutan jangka panjang yang visioner, mulai dari pengembangan infrastruktur daerah, perbaikan dalam bidang sosial, perbaikan sekolah-sekolah, hingga program yang berdampak pada sisi finansial yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat local.

KEI sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) SKK Migas telah melakukan banyak hal untuk membangun Program Kelistrikan di 6 kepulauan kecil di Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep dengan komitmen dan juga biaya yang tidak sedikit. Program Diversifikasi Usaha dengan pelatihan dan pendampingan untuk Program Pengolahan Hasil Laut contohnya, program ini berhasil meningkatkan pendapatan keluarga nelayan di sekitar wilayah operasi perusahaan di Kecamatan Sapeken.

Mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK), Sekretaris PMK Ir Yohanes Baptista Satya Sananugraha, M. ENG menyatakan apresiasi dan selamatnya atas perusahaan-perusahaan yang memenangkan penghargaan ini. Ia berharap bahwa Top CSR Awards dapat disinergikan dengan program pemerintah, terutama program pemberdayaan sosial dan pengentasan kemiskinan.