Pelestarian Flora Fauna di Sekitar Area Operasi Kangean Energy Indonesia Ltd.

Pelestarian flora fauna di sekitar area operasi Kangean Energy Indonesia Ltd

Upaya pelestarian flora fauna di sekitar area operasi Kangean Energy Indonesia Ltd telah menjadi komitmen dan tindakan yang dilakukan secara terus-menerus. Area yang penting untuk dilestarikan yaitu lahan operasi KEI Ltd di Pagerungan Besar yang tidak dimanfaatkan untuk kegiatan operasi migas baik berupa plant, kantor, dormitory dan bangunan lainnya.

Area operasi Kangean Energy Indonesia Ltd. di Pagerungan Besar diperkirakan seluas 60 Ha. Sebagian besar lahan tersebut merupakan lahan terbuka. Agar lahan terbuka tersebut berperan positif terhadap lingkungan sekitar maka pihak perusahan telah melakukan upaya penanaman pohon selama bertahun-tahun. Upaya penanaman pohon tersebut dimaksudkan untuk mendukung pelestarian keanekaragaman hayati di wilayah tersebut.

Pulau Pagerungan Besar merupakan salah satu gugusan pulau kecil yang masuk wilayah administratif Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Propinsi Jawa Timur. Kondisi pulau ini merupakan pulau batu karang, terletak di antara lautan, dengan curah hujan yang relatif kecil. Upaya penanaman pohon di area operasi KEI Ltd Pagerungan Besar memerlukan usaha ekstra, karena lapisan tanah yang tipis dan kondisi iklim yang dominan kering. Penanaman pohon dilakukan dengan memberikan lapisan kompos pada lubang penanaman dan dilakukan penyiraman dimusim kemarau. Jika usaha ini tidak dilakukan maka kemungkinan besar penanaman yang dilakukan akan gagal. Setelah bertahun-tahun dilakukan penanaman dan perawatan, usaha tersebut telah berhasil menumbuhkan berbagai jenis pohon. Keberhasilan penanaman tersebut telah memberi dampak positif berikutnya berupa banyak satwa yang berasosiasi dengan vegetasi yang ada.

Attachment: Laporan kegiatan flora dan fauna 2023.pdf